Mobil Kompak Hasil Kolaborasi Toyota-Daihatsu Bakal Bertambah

“Harapannya, kedatangan kami berdua ke Indonesia tentu dapat memberikan hal yang positif bagi Indonesia, terutama di industri otomotif,” kata Hiroyukui Fukui beberapa waktu lalu.

Meski tidak menyebutkan secara rinci mengenai model selanjutnya, keseriusan TMC dan DMC tercermin pada Emerging-market Compact Car Company (ECCC) yang didirikan pada awal 2017. Didirikannya ECCC merupakan langkah lanjutan setelah Toyota mengakuisisi 100 persen saham Daihatsu pada Agustus 2016.

Disebutkan, ECCC merupakan perusahaan internal bagi pengembangan compact car untuk pasar emerging market. Indonesia yang masuk dalam emerging market berpeluang menambah model kolaborasi seperti yang sudah terjadi saat ini.

Kehadiran ECCC disebutkan akan mengganti pola lama kolaborasi Toyota-Daihatsu dengan memformulasikan lagi pembagian produk dan rencana bisnis dengan tetap bisa menggunakan basis produksi mobil yang sudah ada.

Perusahaan baru ini dilengkapi 3 (tiga) divisi, yaitu Product & Business Planning Division, Product Planning Division, dan Quality Planning Division.